Home Strategy Nasional Tingkatkan Kualitas Usaha, 100 Pengusaha Muda Brebes Dilatih Menejemen Resiko

Tingkatkan Kualitas Usaha, 100 Pengusaha Muda Brebes Dilatih Menejemen Resiko

BREBESNEWS.co – Bertempat di gedung Dinas Pemuda dan Olahraga Brebes Jl. Jend. Soedirman, No. 187, Sabtu (14/12/2019) Forum Pengusaha Muda Brebes (FPMB) kembali mengibarkan panjinya dengan mengadakan Pelatihan Manajemen UMKM.

Pelatihan bertujuan memperdayakan para pengusaha UMKM wilayah Brebes agar mendapati kenaikan kualitas dalam bidang aspek kewirausahaan.

‌”Menjadi seorang pengusaha tidak hanya berjalan menapaki takdir dengan tanpa usaha. Bahkan dalam resiko yang akan dihadapi sekalipun”.

Demikian tema pelatihan yang digelar Forum Pengusaha Muda Brebes dengan mengundang pemateri dari Universitas Pasundan Bandung Jawa Barat Dr. Mulyaningrum, SE, M.Hum. yang membahas mengenai manajemen resiko, Dr. Ellen Rusliati, SE, MSIE. membahas mengenai Manajemen Keuangan beserta Mujibah SE, MM. dalam bahasan penentu harga pokok penjualan.

‌Dengan dimoderatori oleh Saudari Afifah, mendapati 100 Pengusaha Muda Brebes antusias yang begitu interaktif mengingat materi yang disampaikan merupakan materi fundamental bagi seorang pengusaha.

‌”Jadi pengusaha tidak serta merta mengambil resiko karena berani rugi saja, akan tetapi harus bisa mengambil resiko dengan persiapan solusi,” ujar Dr. Mulyaningrum saat membuka sesi pembicaraanya.

Menurut Mulyaningsih seorang pengusaha itu harus berani mengambil resiko.

“Ya resiko gagal, agar bisa menjadi pelajaran kita dalam berusaha,” ujar dosen asli Brebes ini.

Dia memaparkan materi soal manajemen resiko.

Ada 6 strategi dalam menghadapi resiko diantaranya menentukan biaya yang menjadi modal usaha, menentukan ketersediaan bahan baku, melihat peluang usaha, menentukan target pasar, melihat competitor serta inovasi produk.‌Terpisah pendiri Forum Pengusaha Muda Muhammad Munawir Lasyono, menyampaiakan maafnya karena tidak dapat mendampingi agenda pada pagi tadi.

Namun beliau mengatakan Brebes sudah di tetapkan sebagai kota industri, akan ada 30 Pabrik lebih yang akan di bangun di brebes, sektor terpenting adalah pengusaha, para pemuda Brebes harus menjadi pengusaha dan menjadi tuan di negeri sendiri.

“Sinergi para pengusaha muda brebes dan pemerintah daerah juga sangat di butuhkan,” ucapnya.

ketua panitia acara pagi tadi yang dipimpin Aris Sutanto terhadap forum mengapresiasi luar biasa dari para pembimbing serta peserta yang menghadiri forum tersebut.

“Dengan adanya pelatihan menejemen resiko ini, setidaknya para pengusaha menjadi tahu resiko-resiko dalam berusaha. Sehingga nantinya dalam melakukan kegiatan usaha, pelaku usaha bisa meminimalkan kerugian-kerugian bila ada sesuatu dalam menjalankan roda usahanya,” ungkap Aris.

Kontributor : Mandasari
AFiF.A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Program Sedekah PGSD Universitas Pelita Bangsa

  Harcik : Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Pahala kebaikan kita akan dilipatgandakan oleh Allah Ta'ala. Banyak cara untuk melipatgandaan pahala, salah satunya dengan...

Pandemi Belum Berakhir, Bagaimana Keberlanjutan Perguruan Tinggi Swasta?

Pandemi Belum Berakhir, Bagaimana Keberlanjutan Perguruan Tinggi Swasta? Sumber Kompas.com Oleh: Frangky Selamat | Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Tarumanagara KOMPAS.com - Pandemi telah...

Universitas Pelita Bangsa, LPM dan doctor share Peduli Kesehatan Warga Yang Terdampak Banjir

Pelitabangsa.ac.id, Kedungwaringin – Memasuki tahun 2021 intensitas curah hujan tinggi, Hingga menyebabkan Sungai Citarum meluap, sehingga menimbulkan bencana banjir lantaran hujan deras yang tak...

Banjir Brebes Antara Duka Dan Ceria Anak Anak

  Brebes, 17.02.2021, Rabu Ceria bagi anak anak brebes, pasalnya dari selasa malam sampai pagi ini pukul 10.22 sejumlah desa di kecamatan Brebes, Jawa Tengah...

Pelatihan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online

Dampak pandemi covid -19 telah merubah gaya dalam stategi kehidupan, perubahan ini menyebabkan terjadinya pengurangan aktifitas dalam segala hal, Pemerintah pun ahirnya mengeluarkan berbagai kebijakan...