Guru Besar Dan Dosen Putera Puteri Brebes Tahun Ini Berkurban 5 Sapi Dan 13 Kambing di Kampung Halaman

0
71

 

Brebes, 5 Agustus 2020, masih di bulan zulhijah, Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1441 Hijriah jatuh pada Jumat (31/7/2020)., Forum Guru Besar dan Dosen Putera Puteri Brebes (Yayasan Rumah Cinta Brebes), Mengadakan Gerakan berkurban di kampung halaman.

Kurban di Kampung Halaman Brebes Sangat Istimewa, karena dalam masa covid 19 belum usai, hewan kurban di distribusikan ke, 9 kecamatan di kabupaten brebes, yaitu kecamatan Larangan, Tanjung, Wanasari, Ketanggungan, Tonjong, Brebes, Bulakamba, Losari, Jatibarang, di 18 Desa di Kabupaten Brebes : Sitanggal Kemurang, Lengkong, Ketanggungan, Negarayu, Dumeling, Jagalempeni, Sawojajar, Slatri, Pasar Batang, Pagejugan, Klampok, Kauman Pulo Brebes, Grinting, Pengabean, Larangan, Galuh Timur, Padakaton

“Penghasilan kami gak seberapa. Kalau tidak ada daging kurban, sepertinya sulit merasakan nimatnya daging.” – Ema – Ema, Brebes

Bahagianya Idul Adha dan santapan daging kurban yang kita nikmati setiap tahun, ternyata menjadi hal yang asing bagi masyarakat di brebes, terlebih di tengah himpitan pandemi corona.

Kenapa Guru Besar dan Dosen Putera Puteri Brebes harus kurban di Brebes / kampung halaman nya ?, karena

LEBIH MEMBUTUHKAN
327 ribu jiwa di Indonesia menjadi kategori mustahik darurat daging kurban. Tercatat rata-rata mereka hanya mengkonsumsi 0,24 Kg daging/tahun
sumber: antaranews.com/berita/1003762/pemerataan-sebaran-daging-kurban-untuk-kesejahteraan-peternak
LEBIH MEMBERDAYAKAN
Dibeli langsung dari peternak lokal di brebes, bukan dari bisnis peternakan besar.
LEBIH TEPAT SASARAN
Disalurkan bagi warga brebes yang membutuhkan dan meningkatkan nutrisi di wilayah terpencil pedalaman brebes.
PENYALURAN LEBIH LUAS
Program kurban, menjangkau wilayah Brebes yang lebih luas di 17 Kecamatan
SESUAI PROSEDUR KEAMANAN MASA PANDEMI
Baik dalam hal pemilihan hewan maupun proses penyembelihannya sesuai syariah dan memenuhi prosedur keamanan dan kesehatan di masa pandemi covid-19
LEBIH TERJANGKAU
Hewan kurban dibeli langsung dari peternak lokal dengan harga lebih terjangkau, ucap mas Dodi Kurniawan mahasiswa STAI brebes salah satu relawan dan kordinator, kurban kali ini juga bersinergi dengan FKAM Brebes.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

(( مَنْ وَجَدَ سَعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فَلا يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا. ))

“Barang siapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami.” “Maka dirikanlah salat karena Rabbmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah”. Al Qur’an (Al-Kautsar: 2).

Forum Guru Besar Dan Dosen Putera Puteri Brebes / Yayasan Rumah Cinta Brebes ini di bina langsung oleh, Prof. Dr. Rustono, M. Hum., Prof. Dr. Hamidah, SE., M.Si. Prof. Dr. Anton Satria Prabuwono, Prof. Dr. Ir. Darsono Wisadirana, M.S., Dr. Maufur, M.Pd. dan Dr. Abdul Aziz, M.Ag.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here